Tanggapan Hizbullah atas Krisis Madaya – Suriah

Mideast Lebanon HezbollahBeirut, LiputanIslam.com – Kelompok perlawanan Hizbullah mengeluarkan pernyataan terkait isu kelaparan yang terjadi di Madaya. Seperti diketahui, Hizbullah dan tentara Suriah dituduh mengepung lokasi ini, sehingga penduduknya menderita kelaparan.

Media-media mainstream menyebarluaskan informasi ini dengan menggunakan foto palsu.

Baca: Foto Palsu Lagi dari Al-Jazeera dkk Terkait Krisis di Madaya

Seperti ini, pernyataan Hizbullah, seperti dilansir oleh Electronic Resistance:

1. Puluhan truk membawa makanan dan obat-obatan ke Madaya dan Sergaya pada tanggal 18 Oktober 2015. Bantuan juga dibawakan beberapa hari setelahnya.

2. Madaya selama berbulan-bulan dikontrol oleh 600 militan (60% Ahrar al-Sham, 30% Jabhat al-Nusra dan 10% FSA).

3. Militan itulah yang telah mengontrol suplai makanan dan menjual kepada siapapun yang mampu membelinya.

4. Kontrol/ pengepungan terhadap Madaya tidak berlangsung mulus atau tidak efektif, sampai akhirnya Madaya digunakan sebagai basis untuk meluncurkan operasi terhadap Hizbullah dan tentara Suriah di Zabadani.

5. Militan ini menggunakan 23.000 warga Madaya sebagai perisai manusia, dan sebagai kartu As mereka untuk melakukan propaganda. Tak ada seorang pun yang meninggal karena kelaparan di Madaya sebagaimana klaim media.

6. Penduduk Madaya berupaya keluar dari kota, tetapi dicegah oleh militan.

7. Ada negosiasi dengan pemerintah yang awalnya menyepakati 300 orang militan akan keluar dari tempat itu. Namun kelompok lainnya menolak karena alasan yang bersifat politis.

8. Ketika dilancarkan operasi di Zabadani, beberapa miltan yang terluka meninggalkan Zabani, tetapi mereka dihentikan oleh militan dari Madaya. Dengan kata lain, bahkan anggota kelompok yang terluka pun tidak diperkenankan keluar dari daerah itu.

9. Akhirnya, tujuan dari propaganda terhadap krisis Madaya adalah untuk mecoreng wajah tentara Suriah dan pasukan perlawanan. Mereka menggunakan penduduk sipil, ketika telah kalah di dalam peperangan. (ba)

Sumber :

Liputan Islam

Elektronic Resistence

%d blogger menyukai ini: