Ummul Mukminin Aisyah ra Meninggal Dibunuh Muawiyah?

1- Mu’awiyyah ini paling rekor dlm membunuh orang, baik shahabat atau tabi’iin sampai2 dikatakan oleh al-A’masy, bhw dia telah membunuh 70.000 orang. Ketika A’masy ini mengomentari perkataan Mu’awiyyah yg terang2an berpidato dg mengatakan bhw ia mengambil baiat dari umat dan membunuh para pembangkang karena ia telah diberi kekuasaan oleh Allah, ia berkata:

هل رأيتم رجلا أقل حياء منه؟ قتل سبعين ألفا فيهم عمار وخزيمة وحجر وعمرو بن الحمق ومحمد بن أبي بكر والأشتر وأويس وابن صوحان وابن التيهان وعائشة وأبي حسان ثم يقول هذا؟!

“Adakah orang lebih tdk punya malu dari dia? Membunuh 70.000 orang yg diantaranya terdapat Ammar, Khaziimah, Hidr, ‘Amru bin al-Hamaq, Muhammad bin Abu Bakar, Al-Asytar (Malik Asytar), Aus, Ibnu Shauhaan, Ibnu al-Taihaan, ‘Aisyah dan Abu Hisaan, lalu berkata spt itu?”

 


2- Terhadap keluarga Abu Bakar, Mu’awiyyah sangat menaruh dendam. Karena sebagaimana kita lihat di hadits2 sunni yg banyak sekali, bhw ‘Aisyah ini sangat membenci Utsmaan, keluarga Mu’awiyyah.

-Taariikh Ya’quubi, 2/175:
وقال اليعقوبي في تأريخه : 2/175 : كان بين عثمان وعائشة منافرة ، وذلك أنه نقصها مما كان يعطيها عمر بن الخطاب ، وصيَّرها أسوة غيرها من نساء رسول الله ، فإن عثمان يوماً ليخطب إذ دلَّت عائشة قميص رسول الله (صلى الله عليه وآله وسلم) ، ونادت : يا معشر المسلمين ! هذا جلباب رسول الله لم يبل ، وقد أبلى عثمان سنّته ! فقال عثمان : ربِّ اصرف عنّي كيدهن إن كيدهن عظيم .

“Antara Utsmaan dan ‘Aisyah terdapat kebencian. Hal itu karena ia (Utsmaan) telah mengurangi bagiannya yg didapat dari jaman Umar bin al-Khaththaab dan menjadikannya sebagai contoh bagi yg lainnya dari istri2 Rasulullah saww. Lalu suatu hari, Utsmaan sedang berpidato, lalu ‘Aisyah datang dg membawa baju Nabi saww sambil berteriak: ‘Wahai kaum muslimin, ini adalah jubah Rasulullah saww yg blm terkena bala’/petaka, sementara Utsmaan telah membala’-i ajaran beliau saww.’ Lalu Utsmaan berkata kepadanya: ‘Ya Tuhan, jauhkan aku dari tipu daya mereka, karena tipu daya mereka adalah agung.’.”

– Al-Mahshuul, karya Al-Raazii, 4/343:

وجاء في كتاب المحصول ، الرازي : 4/343 ، قال : إن عثمان أخَّر عن عائشة بعض أرزاقها فغضبت ، ثمَّ قالت : يا عثمان ! أكلت أمانتك ، وضيَّعت الرعيّة ، وسلَّطت عليهم الأشرار من أهل بيتك ، والله لو لا الصلوات الخمس لمشى إليك أقوام ذوو بصائر يذبحونك كما يذبح الجمل .

“Utsmaan pernah melambatkan sebagian bagiannya -‘Aisyah. Karena itu, ia -‘Aisyah- marah dan berkata: ‘Wahai Utsmaan, kamu telah memakan amanat yg diberikan kepadamu, dan telah lalai terhadap yg mesti dilindungi. Kamu telah menimpakan keburukan kepada mereka (umat yg harus dilindungi) demi keluargamu. Demi Allah, kalau bkn karena shalat (mu) yg lima kali, mk umat yg memiliki pengetahuan ini akan datang kepadamu dan menyembelihmu spt menyembelih unta/onta.’.”

– Abnu Abi al-Hadiid al-Hanafii dlm kitabnya Syarh Nahju al-Balaaghah, 6/216:

وجاء في شرح نهج البلاغة لابن أبي الحديد : 6/215 عن بعضهم أنَّ كل من صنَّف في السير والأخبار قال : إن عائشة كانت من أشدِّ الناس على عثمان ، حتى إنها أخرجت ثوباً من ثياب رسول الله (صلى الله عليه وآله وسلم) فنصبته في منزلها ، وكانت تقول للداخلين إليها : هذا ثوب رسول الله (صلى الله عليه وآله وسلم) لم يبل ، وعثمان قد أبلى سنّته ، قالوا : أول من سمَّى عثمان نعثلا عائشة ، والنعثل : الكثير شعر اللحية والجسد ، وكانت تقول : اقتلوا نعثلا ، قتل الله نعثلا !

Diriwayatkan dari sebagian orang bhw semua penulis sejarah dan riwayat/khabar berkata: “Sesungguhnya ‘Aisyah itu orang yg paling keras (kebenciannya) pada Utsmaan, sampai2 ia mengeluarkan baju RAsulullah saww yg dipajang di rumahnya dan selalu berkata kepada orang yg masuk ke rumahnya: ‘Ini adalah baju Rasulullah saww yg blm terkena bala’/petaka, sementara Utsmaan telah membala’-i ajaran beliau saww.’ Mereka juga berkata, bhw pertama kali yg mengejek Utsmaan dg Na’tsal (penuh bulu) adalah ‘Aisyah. Dan Na’tsal adalah Tebal jenggotnya dan penuh bulu di badannya. Dan ia -‘Aisyah- berkata: ‘Bunuhlah si Na’tsal, smg Allah membunuh si Na’tsal.’.”

3- ‘Aisyah, bkn hanya mengejek Utsmaan dg Na’tsal itu, tp bahkan telah menfatwakannya sebagai kafir dan wajib dibunuh. ‘Aisyah berkata:

اقتلوا نعثلا فقد كفر

“Bunuhlah si Na’tsal, karena ia telah kafir.”

(Lihat di: Taariikh Thabari, 4/477 atau 3/477; Al-Kaamil Fi al-Taariikh, 3/100 atau 2/28; Al-Futuuh, karya Ibnu A’tsam, 2/225; Taariikh Ibnu Atsiir, 3/87; Syarh Nahju al-Balaaghah Ibnu Abi al-Hadiid, 2/77; Al-Nihaayah, Ibnu Atsiir, 4/156; Kamus Lisaanu al-‘Arab, bagian kata Na’tsal; Kamus Taaju al-‘Aruus, bagian kata Nuun ‘Ain Tsaa’ Laam -na’tsal).

4- Siirah Halabiyyah, 3/356, menukilkan sejarah yg berupa surat imam Ali as kepada ‘Aisyah menjelang terjadinya perang:

وكتب لعائشة رضي الله عنها أما بعد فإنك قد خرجت من بيتك تزعمين أنك تريدين الإصلاح بين المسلمين وطلبت بزعمك دم عثمان وأنت بالأمس تؤلبين عليه فتقولين في ملا من أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم اقتلوا نعثلا فقد كفر قتله الله واليوم تطلبين بثأره فاتقى الله وارجعي إلى بيتك وأسبلي عليك سترك قبل أن يفضحك الله ولا حول ولا قوة إلى بالله العلي العظيم.

“Amma ba’du: Sesungguhnya kamu telah keluar dari rumahmu (kalau itu ‘Aisyah yg keluar dari Madinah, sdh di Bashrah dan sdh membunuh enam ratus sandra spt membunuh anjing -kata pengarang ini di alinia sebelum alinia yg saya nukil di atas itu) dg dakwaan/pengakuan bhw kamu menginginkan ishlah/perdamaian diantara kaum muslimin. Dan kamu mengaku menuntut darah Utsmaan sementara kamulah yg kemarin mengajak umat memberontak kepadanya -Utsmaan- dan berkata di depan umum para shahabat Rasulullah saww: ‘Bunuhlah si Na’tsal karena ia telah kafir, smg Allah membunuhnya.’ Sementara hari ini, kamu menuntut balasan untuknya. Takutlah kepada Allah dan pulanglah ke rumahmu serta benahilah hijabmu sebelum dibukakan Allah. Sesungguhnya tiada kekuatan dan daya, selain dari Allah Yg Maha Tinggi dan Agung.”

5- Karena kebencian dan permusuhannya dg Utsman itulah, mk keluarga Utsman spt Mu’awiyyah, mendendam. Dan sebenarnya Mu’awiyyah jg tahu bhw ia ingin kekhalifaan itu kembali ke panguan keluarganya -Abu Bakar. Karena itu, diburulah semua keluarganya.

6- Muhammad bin Abu Bakar, bkn hanya dibunuh Mu’awiyyah dg mengutus pasukan yg dipanglimai ‘Amr bin ‘Aash yg dikirim ke Mesir untuk memerangi gubernur imam Ali as disana (Muhammad bin Abu Bakar), tp badannya sampai dibakar. Lihat di Usdu al-Ghaabah, 4/324-325:

أسد الغابة – ابن الأثير – ج 4 – ص 324 – 325
ولى مصر سار إليه عمرو بن العاص فاقتتلوا فانهزم محمد ودخل خربة فأخرج منها ‹ صفحه 325 › وقتل وأحرق في جوف حمار ميت

“…ia dijadikan gubernur di Mesir (oleh imam dan khalifah Ali as), lalu didatangi oleh ‘Amr bin ‘Aash (sebagai pemimpin pasukan yg dikirim Mu’awiyyah untuk memeranginya), lalu mereka bertemput. Kemudia Muhamma lari dan bersembunyi dlm puing2. Mereka mengeluarkan darinya, membunuhnya dan membakarnya di dlm perut bangkai keledai (yakni sebelum dibakar, dimasukkan dulu ke dlm perut keledai tsb).

7- Yg lebih mengerikan adalah yg terjadi pada ‘Abdurrahmaan bin Abu Bakar. Mu’awiyyah bukan hanya membunuhnya, tp memendamnya dlm keadaan hidup2.

Pertama Mu’ayiwwah menyuruh Gubernurnya di Madinah, yakni Marwaan untuk mengambil baiat untuk Yaziid dari orang Madinah (Mukhtashar Taariikh Damasyq, 1:1984):

قال عبد الله بن نافع بن ثابت : قام مروان على المنبر فدعا إلى بيعة يزيد فكلمه الحسين بن علي وعبد الله بن الزبير بكلام موضعه غير هذا وقال له عبد الرحمن بن أبي بكر : أهرقلية ؟ ! إذا مات كسرى كان كسرى مكانه لا نفعل والله أبدا

Abdullah bin Naafi’ bin Tsaabir berkata:

“Marwaan naik mimbar dan meminta baiat untuk Yaziid. Husain bin Ali dan Adullah bin Zubair, menentangnya. Dan berkata Abdurrahmaan bin Abu Bakar: ‘Apakah ini kerajaan Romawi? Kalau mati rajanya, mk naik raja yg lain (anaknya). Sungguh aku demi Allah tdk akan pernah melakukannya.’.”

Masih Mukhtashar Taariikh Damasyq, 1:1985:

وعن عبد العزيز الزهري قال : بعث معاوية إلى عبد الرحمن بن أبي بكر الصديق بمئة ألف درهم بعد أن أبى البيعة ليزيد بن معاوية فردها عبد الرحمن وأبى أن ياخذها وقال : أبيع ديني بدنياي ؟ ! وخرج إلى مكة فمات بها

‘Abdu al-‘Aziiz al-Zuhrii berkata:

“Mu’awiyyah mengirim uang kepada ‘Abdurrahmaan bin Abu Bakar sebanyak 100.000 kepeng uang perak (dirham) setelah ia menolak untuk berbaiat untuk Yaziid bin Mu’awiyyah. Tp Abdurrahman menolaknya seraya berkata: ‘Apakah aku akan menjual agamaku demi duniaku??’ Lalu ia lari ke Makah (dari kotanya Madinah) dan iapun mati karenanya.”

Hadits yg sama jg ada di Al-Mustadrak, Haakim, hadits ke: 6050

6050 – حدثنا أبو زكريا يحيى بن محمد العنبري ، ثنا محمد بن النضر بن سلمة الجارودي ، ثنا الزبير بن بكار ، حدثني إبراهيم بن محمد بن عبد العزيز بن عمر بن عبد الرحمن بن عوف ، عن أبيه ، عن جده ، قال : بعث معاوية إلى عبد الرحمن بن أبي بكر الصديق رضي الله عنهما بمائة ألف درهم بعد أن أبى (1) البيعة ليزيد بن معاوية ، فردها عبد الرحمن وأبى أن يأخذها وقال : « أبيع ديني بدنياي » ، وخرج إلى مكة حتى مات بها

Lihat Mustadrak, Haakim, hadits: 6044:

6044 – أخبرني أحمد بن يعقوب الثقفي ، ثنا موسى بن زكريا التستري ، ثنا خليفة بن خياط ، قال : « مات عبد الرحمن بن أبي بكر الصديق رضي الله عنهما فجاءة »

“Abdurrahmaan bin Abu Bakar, mati secara mendadak.”

Ini finalnya, Mustadrak, Haakim, hadits ke: 6042:

6042 – أخبرني أبو بكر محمد بن أحمد بن بالويه ، ثنا محمد بن أحمد بن النضر ، ثنا معاوية بن عمرو ، عن أبي إسحاق الفزاري ، عن منصور بن عبد الرحمن ، عن أمه صفية بنت شيبة ، قالت : قدمت عائشة رضي الله عنها ، فأتيتها أعزيها بأخيها عبد الرحمن بن أبي بكر فقالت : « رحم الله أخي إن أكثر ما أجد في نفسي أنه لم يدفن حيث مات »

Shafiyyah bintu Syaibah berkata: “Aku mendatangi ‘Aisyah sementara ia sedang berduka untuk saudaranya Abdurrahmaan dg berkata: ‘Semoga Allah merahmati saudaraku. Sesungguhnya yg sering kuingat dlm diriku adalah bhw ia dipendam dlm keadaan hidup2.’.”

Mustadrak, Haakim, 6042:

6048 – أخبرنا أبو جعفر محمد بن محمد البغدادي بنيسابور ، ثنا أبو علاثة ، ثنا أبي ، ثنا عيسى بن يونس ، عن ابن جريج ، عن ابن أبي مليكة ، قال : توفي عبد الرحمن بن أبي بكر بالحبشى على بريد من مكة ، فلما حجت عائشة رضي الله عنها أتت قبره فبكت وقالت : « وكنا كندماني (1) جذيمة حقبة (2) من الدهر حتى قيل لن يتصدعا (3) فلما تفرقنا كأني ومالكا لطول اجتماع لم نبت ليلة معا ، ثم ردت إلى مكة وقالت : » أما والله لو شهدتك لدفنتك حيث مت «

Ibnu Abi Maliikah berkata: “Abdurrahmaan bin Abu Bakar mati di daerah Habsyaa dekat Makkah. Ketika ‘Aisyah pergi haji, ia mendatangi kuburnya. Dalam keadaan menangis ia berkata: ‘………kalau aku ada waktu itu, demi Allah, aku akan menguburkanmu setelah kamu mati.’.”
8- Dlm kitab Shiraatu al-Mustaqiim, 3:630, menukil dari Shaahib al-Mashaalit (ibnu Hajar):

((وقال صاحب المصالت: كان معاوية على المنبر يأخذ البيعة ليزيد (في المدينة) فقالت عائشة: هل استدعى الشيوخ لبنيهم البيعة؟ قال لا,قالت فبمن تقتدي؟ فخجل، وهيأ لها حفيرة فوقعت فيها وماتت))

“Katika Mu’awiyyah duduk di mimbar (Nabi saww) untuk mengambil baiat untuk Yaziid, ‘Aisyah berkata kepadanya: ‘Apakah para tokoh (khalifah2 sebelumnya) mengambil baiat untuk anak2 mereka?” Ia -Mu’awiyyah- menjawab: ‘Tidak.’ Ia -‘Aisyah- berkata: ‘Kalau bagitu, kamu mencontoh siapa?’ Ia -Mu’awiyah- terdiam, lalu ia menyiapkan jurang untuknya (‘Aisyah) hingga ia jatuh ke dlm-nya dan mati.”

Dalam riwayat yg lain dikatakan:

وروي
أنه كان يهدد الناس لأخذ البيعة ليزيد، فبلغه عنها كلام، فدخلت بعد عماها عليه راكبة حمارا، فبال وراث على بساطه فقال: لا طاقة لي بكلام هذه الفاجرة، ثم دبر لها الحافر، وكان عبد الله بن الزبير يعرض به:

Ketika ia -Mu’awiyyah- mengancam yg tdk mau berbaiat kepada Yaziid (di Madinah), lalu hal itu sampai ke di (‘Aisyah), mk iapun mendatanginya dg naik keledai. Lalu keledainya kencing dan berteletong (berak). Ia -Mu’awiyyah- berkata: “Aku tdk tahan lagi mendengar omongan fajarah (wanita jahat) ini.” Lalu iapun membuat jurang untuknya. Dan Abdullah bin al-Zubair pun berkata kepadanya (Mu’awiyyah) -dlm bentuk syair:

لقد ذهب الحمار بأمّ عمرو *** فلا رجعت ولا رجع الحمار

Keledai telah pergi bersama Ibu ‘Amru
Ia tak kembali, begitu pula keledainya

Kitab Al-Aghaanii, 4:487:

حدثنا بذلك أحمد بن الجعد، قال: حدثنا أحمد بن زهير، قال: حدثني أبي، قال: حدثنا وهب بن جرير، عن جويرية بن أسماء، وفي غير رواية: أن عائشة قالت له: يا مروان؛ أفينا تتأول القرآن، وإلينا تسوق اللعن؟ والله لأقومن يوم الجمعة بك مقاماً تود أني لم أقمه

‘Aisyah berkata: “Wahai Marwaan (ia gubernur Mu’awiyyah di kota Madinah dan sedang mengancam orang yg tdk mau baiat kepada Yaziid lalu sedang berdebat dg Abdurrahmaan bin Abu Bakar yg diserangnya dg ayat yg menghardik orang tuanya sebagai dia, yakni sebagai Abdurrahmaan. Karena itu, ‘Aisyah menjawabnya dari balik tirai masjid), apakah kamu menakwilkan Qur an ke atas kami dan menggiring laknat (Allah) kepada kami? Demi Allah, besok hari Jum’at aku akan berdiri di hadapanmu dg posisi yg kamu tdk akan pernah membayangkannya.”

Tp diriwayatkan bhw ‘Aisyah sdh mati duluan sebelum hari Jum’at itu tiba, yakni pada hari Rabo.

Dlm kitab Wafayaati al-A’yaan, 3/16:

ففي (وفيات الأعيان 3/16): ((ولما ماتت بكى عليها ابن عمر فبلغ ذلك معاوية فقال له: اتبكي على أمرأة؟ فقال: إنما يبكي على أم المؤنين بنوها، وأما من ليس لها بابن فلا …))

Ketika ia -‘Aisyah- mati, menangislah Ibnu Umar. Hal itu diketahui oleh Mu’awiyyah yg berkata kepadanya: “Apakah kamu menangis hanya untuk seorang wanita?” Ia -Ibnu Umar- menjawa: “Yg menangisi ibu mukminin adalah anak2nya. Sedang yg bukan anaknya, mk tdk akan menangis.”

Catatan: Ibnu Umar bin Khaththab, walau dg halus, tp sangat tegas pendapatnya ttg Mu’awiyyah. Yaitu bhw dia, bkn-lah dari anak2 dari pada istri2 Nabi saww yg sebagai ummu al-mukminiin.

Penutup:
Kalaulah riwayat2 yg ada itu tdk sekuat riwayat ttg terbunuhnya saudara2 ‘Aisyah di tangan Mu’awiyyah secara keji itu (ada yg dibakar bersama bangkai keledai dan ada yg dipendam hidup2), tp dg berbagai qarinah/kondisi yg diterangkan di atas itu, dan di kitab2 lainnya, dpt dimungkinkan secara kuat, bhw ‘Aisyah jg dibunuh Mu’awiyyah. Artinya, hadits2 yg tdk sekuat terbunuhnya saudara2 ‘Aisyah itu, dpt dikuatkan oleh qarinah2 tsb. Qarinah yg terkuat adalah bagaimana ‘Aisyah memerangi (bc, menentang keras) pengambilan baiat untuk Yaziid oleh Mu’awiyyah. Bgt pula terbunuhnya saudara2 ‘Aisyah yg dg keji tsb.

Apalagi diriwayatkan bhw ‘Aisyah dishalati Abu Hurairah dikala orang2 sedang shalat shubuh, Sunan Baihaqi, hadits ke: 7161:

وَرُوِّينَا فِى كِتَابِ الصَّلاَةِ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّهُ صَلَّى عَلَى عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- حِينَ صَلَّوُا الصُّبْحَ.

Atau dikatakan bhw dishalati di Baqi dan dikuburkan di malam hari, Taariikh Dzahabi, 4/249-250:

قال محمد بن عمر: حدثني ابن جريج، عن نافع: شهدت أبا هريرة
صلى على عائشة بالبقيع، وكان خليفة مروان على المدينة، وقد اعتمر تلك الأيام. وقال هشام بن عروة، عن أبيه: إن عائشة دفنت ليلاً. قال حفص بن غياث: ثنا إسماعيل، عن أبي إسحاق قال: قال مسروق: لولا بعض الأمر، لأقمت المناحة على أم المؤمنين. وعن عبد الله بن عبيد الله قال: أما إنه لا يحزن عليها إلا من كانت أمه

Catatan: Mengapa dishalati di Baqi’ di malam hari atau ketika orang2 sdg shalat shubuh di Masjid? Dan mengapa dikuburkan di malam hari?

Kesimpulan:
Apapun itu, pastinya, hanya Allah yg tahu, apakah ‘Aisyah meninggal dg cara normal atau dibunuh spt saudara2nya yg lain. Kita tdk perlu terlalu memikirkan hal ini dan sdh semestinya menyerahkan kepada yg Maha Tahu Ghaib dan Yg Tampak. Hal ini, karena tdk adanya kepastian riwayat spt ttg terbunuhnya saudara ‘Aisyah tsb. Wassalam.

(tulisan tersebut diambil dari Facebook: Sang Pecinta)

%d blogger menyukai ini: