Kyai Alawi dan Argumen Mana Mungkin

Kyai Alawi dan Argumen Mana Mungkin
image

Nah, berikut ini kelanjutan dari apa yang dikutip Alawi: “Ia mendapat cobaan di Damaskus dan menemui kesyahidannya pada tahun 303 H” kata al-Daruquthni. Kesyahidannya sederhana sekali. Ia membuka hadis-hadis yang selama ini disembunyikan orang, karena peninggalan kebijakan Muawiyah, lebih dari dua ratus tahun sebelumnya” (hal 106).

Kisah meninggalnya (klo ga setuju menyebut syahidnya) Al-Nasai, disebutkan dalam kitab Al-Wafiyatnya Ibn Khallikan, Thabaqat al-Subki, thabaqat al-Syafiiyahnya Al-Asnawi, Tazkirat al-Huffaz dan Siayr Alam al-Nubalanya al-Dzahabi.

 

Argumentasi Alawi itu adalah argumentasi yg disebut Ust Jalal sbg argumentasi “mana mungkin” utk menolak sesuatu yg sdh terjadi. Mana mungkin pada zaman Dinasti Abbasiyah masih ada sisa2 pengikut fanatik Myawiyah …(padahal) dinasti Muawiyah sdh runtuh 188 tahun yang lalu.  Untuk diketahui, lihat betapa banyaknya pengikut fanatik Muawiyah sekarang ini lebih dari 1000 tahun setelah Al-Nasai syahid.
Kita bisa menyebutkan ratusan dan ribuan ulama dibunuh pada abad 14 & 15 H yg diusir, dianiaya, dpecat dari masjid krn mrmbacakan hadis2 Imam Ali. Lebih 1000 tahun setelah dinasti Umayyah jatuh! … .

Tapi kita bisa memaklumi Alawi. Ia baru membaca sampai hal 38 dan langsung mengkritik halaman 105-106. Mungkin beliau punya ilmu laduni sehingga baca sebagian udah tahu semuanya atau beliau baca sampai 38, tetapi temennya (ghost writer) sudah baca sampai hal 105-106, lalu beliau tulis komentarnya di FB beliau. Mungkin saja bukan mana mungkin. Sekedar contoh bbrp argumen “mana mungkin”:

Pertama, mana mungkin Imam Ali tidak mengangkat pedangnya dan menuntut haknya kalau ia tahu Rasulullah saw telah mengangkatnya sbg washi? Kedua, mana mungkin generasi pertama Islam yang menyaksikan turunnya wahyu dan melihat wajah Nabi saw berani mengubah2 agama. Ketiga, mana mungkin ulama2 kita terdahulu tidak tahu peristiwa Karbala?

[Anwar Jabir, 20:39, 08/11/2015, whatsapp group]

Sumber : Misykat

%d blogger menyukai ini: