BIGINILAH GURU MEDIA TAKFIRI MENGAJARI KEBOHONGAN MEMANIPULASI FOTO : Manipulasi Informasi Hala Gorani Wartawan CNN

LiputanIslam.com — Hala Gorani 1Wajahnya cantik dan berkarakter, namun sayang si cantik wartawan CNN ini tidak mau ketinggalan dalam membuat propaganda atas konflik Suriah. Di akun twitternya, Hala Gorani memposting sebuah foto yang hingga artikel ini diturunkan (20/2) sudah diretweet 9.739 kali. Wow angka yang fantastis.

Jika di Indonesia kita memiliki media Islam mainstream yang gemar menyajikan berita palsu dan penuh propaganda seperti Arrahmah, Eramuslim, Islampos, Dakwatuna, SunnahCare, InfoPalestina, HTI, maka di Barat, ada Reuters, BBC, CNN dll yang memiliki kegemaran serupa. Tujuannya jelas ditunggangi kepentingan kelompok tertentu, sedangkan berkenaan dengan Suriah, apalagi motifnya kalau bukan untuk menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Presiden Suriah Bashar al-Assad telah melakukan kejahatan sehingga jutaan rakyatnya jadi korban. Ya kurang lebih demikian, sehingga propaganda yang mereka sebarkan satu dengan yang lainnya menggunakan cara-cara yang hampir sama sehingga mudah sekali ditebak dengan mencari pembanding di tempat lain.

 

Hala Gorani 2

Hala berkicau: ” UN staff found 4 year-old Marwan crossing desert alone after being separated from family fleeing”

Menurut Hala, staf PBB menemukan seorang anak kecil bernama Marwan yang berusia  empat tahun, berjalan perlahan dan sendirian di hamparan luas padang pasir yang di perbatasan Suriah dengan Yordania, dan tangan kecilnya meneteng sebuah kantong plastik.

Duh,  siapa sih yang tidak terenyuh melihat foto tersebut. Bayangkan, seorang anak berusia 4 tahun berjalan sendirian di gurun pasir! Mungkin akan terbayang bagaimana bila ia kehausan, atau saat dia merasa lapar, atau kepanasan dan mungkin kedinginan di malam hari, dan mau kemana dia? Tidak heran begitu banyak simpati yang datang dari para follower Hala, ada yang ingin mengajak Marwan ke rumahnya dan akan membelikan mainan, dan mereka merasa begitu sedih melihat foto tersebut.

Namun, coba perhatikan foto dibawah ini.

Hala Gorani 3

Dari sebuah foto lain, hasil bidikan Jared Kohler, seorang fotografer UNHCR pada rombongan pengungsi Suriah di perbatasan Suriah Yordania, ketika di zoom, di temukan anak kecil yang sama, yaitu Marwan. Ternyata anak kecil itu tidak berjalan sendirian di gurun pasir, melainkan bersama rombongan.

Sedangkan di bawah ini, adalah screenshoot dari kicauan Andrew Harper , perwakilan UNHCR di Yordania, dengan gambar yang sama dengan yang diunggah oleh Hala, namun keterangannya berbeda; “Here 4 year old Marwan, who was temporarily separated from his family, is assisted by UNHCR staff to cross.” Menurut Andrew, Marwan kecil sempat terpisah dari keluarganya, dan dibantu oleh UNHCR untuk menyebrang ke perbatasan.

Hala Gorani 4

Propaganda seperti ini tidak akan berakhir selama perang Suriah masih terus berkecamuk. Semoga masyarakat dunia semakin cerdas dalam menyikapi berita, tidak mudah menghakimi dan selalu bersedia untuk mengecek kebenarannya terlebih dahulu. (LiputanIslam.com/syrianfreepress/AF)

 

 

Sumber :

http://liputanislam.com/tabayun/manipulasi-informasi-hala-gorani-wartawan-cnn/

%d blogger menyukai ini: