Terungkapnya Video Rekayasa

Kelompok oposisi Suriah banyak menggunakan propaganda foto dan video. Sejak awal perang, banyak sekali video yang dibuat sebagai ‘bukti’ kekejaman tentara Suriah. Video itu diunggah secara masif melalui jejaring sosial, dan mampu membangkitkan emosi kaum muslim di berbagai penjuru dunia.

Tapi lambat laun semua terungkap. Bisa dilihat di video berikut ini. Kecurigaan awal muncul dari: mengapa ‘tokoh’ dalam berbagai video itu sama orangnya? Setelah diselidiki lebih lanjut, terungkaplah ‘skenario’ mereka (para ‘bintang film’ di berbagai video anti-rezim itu).

Awalnya, mereka berperan sebagai tentara Assad (Syrian Arab Army-SAA), melakukan kekerasan kepada rakyat. Video diunggah ke jejaring sosial, dan disebut bahwa itulah perilaku tentara SAA.

Ketika FSA (tentara pemberontak) sudah banyak mendapat simpati mereka lalu muncul di jejaring sosial lagi sebagai FSA, yang berperan membebaskan warga dari Rezim.

Setelah SAA melakukan operasi dan mengidentifikasi mayat militan FSA lalu direkam dan diunggah oleh pendukung SAA, video itu diunggah kembali oleh pendukung FSA namun kini mereka pura-pura menjadi rakyat sipil korban SAA.

Perhatikan kesamaan ‘bintang film’-nya. (dw/syrianewsindonesia/suriahtube.blogspot.com)


 

 

Sumber :

http://liputanislam.com/tabayun/terungkapnya-video-rekayasa/

Iklan

Komentar ditutup.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: